Blogger news

News Update :
Home » , » Mengenal Geotagging

Mengenal Geotagging


Mengenal Geotagging, Apa itu geotagging
GPS Photo Tagging, juga dikenal sebagai 'Geotagging', merupakan proses penambahan informasi posisi data GPS (Latitude, Longitude, Altitude) dalam sebuah foto digital. Ponsel-ponsel kamera yang memiliki GPS receiver internal umumnya memiliki fitur unik ini.

Dengan GeoTag pada informasi digital foto kamu, maka kamu atau orang
lain bisa mengetahui letak pengambilan gambar foto tersebut. Hal ini juga menambah kategori baru untuk mempermudah pencarian file, semisal saat koleksi foto kamu sudah mencapai ribuan, kamu bisa mencarinya dengan kategori lokasi pemotretan. Atau bisa juga hal ini berlaku secara global di dunia internet.

 Di internet, untuk mempermudah pencarian pada sebuah 'Search Engine', semisal Google, kita bisa melakukan entry tag dengan kata-kata kunci yang menarik, semisal "Bill Gates" dan "Malaria" . Demikian juga dengan photo. Dengan melakukan sharing photo pada sebuah situs seperti Flickr, seseorang dapat melakukan tag pada photo yang diambilnya dengan memberikan informasi tentang siapa atau apa yang ada pada photo tersebut dan dimana diambilnya . Termasuk GeoTag yang bersifat otomatis ini .

Orang lain dapat melakukan pencarian atau penjelajahan dengan tag untuk mencari konten yang paling relevan. GPS phototagging dapat mengurangi pekerjaan saat kita melakukan tag pada gambar di internet . Jadi, jika kamu mengupload sebuah photo tag ke Flickr, situs tersebut secara otomatis akan membuat peta dunia interaktif photo tersebut . Pengguna lain dapat mencari dan melihat dimana photo itu diambil dengan posisi lokasi yang tepat .

GPS phototagging juga memungkinkan kamu melakukan pengaturan pustaka photo personal Anda. Pada masa lalu, jika kamu ingin mencari sebuah gambar terpisah, kamu harus mengingat kapan photo itu diambil. Namun jika semua photo digital diberi tag dengan informasi lokasi, kamu dapat mencarinya dengan mengetikkan sebuah lokasi dan melihat semua photo yang diambil pada lokasi tersebut .

GPS phototagging juga memiliki aplikasi professional . Jika Anda seorang pencari lokasi sebuah film, kamu dapat dengan akurat memetakan semua photo yang diambil dalam sebuah perjalanan menuju suatu tempat . Bila kamu adalah agen sebuah real estate, kamu dapat menunjukkan pada klien dengan peta photo interaktif dari semua properti yang kamu miliki . Bahkan seorang Arkeolog dapat melakukan 'link' sebuah photo dengan GIS (Geographic Information System) ketika sebuah rencana penggalian dilakukan .

Mekanisme GPS Photo Tag ketika kamu mengambil sebuah photo menggunakan kamera (digital atau ponsel) yang memiliki geotag , kamera atau ponsel tersebut mencatat lebih banyak informasi/data ketimbang sebuah photo. Informasi tersebut termasuk waktu dan data ketika sebuah photo diambil, orientasi dari kamera (Portrait atau Landscape), apakah menggunakan lampu flash dan detil kamera lainnya yang digunakan seperti Aperture, Exposure dan Focal Length. Semua data ini disimpan pada sesuatu yg disebut EXIF Header .

EXIF (Exchangeable Image File Format) header berisi petunjuk photo dengan data yang dapat dibaca oleh aplikasi photo management atau situs photo . Inilah sebabnya mengapa sebuah PC/Komputer secara otomatis dapat mengetahui dimana untuk meletakkan photo tersebut di sebuah folder tertentu .

Yang menarik tentang EXIF Headers adalah tersedia sebuah ruang untuk mengisi koordinat Longitude, Latitude, dan Altitude. Belakangan, perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menambahkan lokasi data pada EXIF Headers menggunakan teknologi GPS .

Aplikasi GPS Photo Tag kini telah ada kamera yang built-in dengan GPS receiver. Seperti kamera Ricoh 500SE, yang setiap kali kamu melakukan pengambilan photo data GPS akan ditulis pada EXIF header photo tersebut.

Untuk fotografer amatir, terdapat juga kamera digital yang Built-In dengan chip GPS. Atau dengan membeli GPS Receiver mini yang dapat ditambahkan pada kamera. Nikon juga telah menyediakan perangkat GPS PhotoTagging pada kamera SLR model terbarunya . Bahkan kini ponsel seperti Nokia N78 , telah menyematkan kamera Built-In yg telah ada chip GPS .

Jika kamu mencari GPS photo tagging yang dapat bekerja pada semua kamera digital, kamu dapat mengandalkan sebuah GPS Tracker. Cukup dengan menghidupkan kamera tersebut, ambil gambar sesuka kamu. Sebelum mengupload gambar tersebut ke PC/Komputer, ambil kartu memori dan masukkan ke GPS Tracker. Semua data pada GPS secara otomatis akan ditulis pada setiap EXIF Header gambar yang diambil . Selanjutnya kamu dapat menguploadnya seperti biasa.

Ada banyak situs yang mampu menampilkan foto dengan geotag dan dapat di sharing dengan semua orang. Flickr salah satunya. Namun kamu harus melakukan pengaturan sederhana seperti memberi tanda 'Yes' pada 'Import EXIF location data'.

Situs lainnya adalah Picasa dan Panoramio (keduanya milik Google). Tidak hanya memungkinkan kamu mengupload photo dan membuat peta interaktifnya, dengan menggunakan aplikasi Google Earth, kamu dapat melakukan pembesaran dan menampilkan gambar 3 dimensi pada peta virtual. Bedanya dengan Flickr, Picasa dan Panoramio akan memberikan opsi bagi anda untuk membuat sebuah file berformat kml dari photo yang diupload dan menampilkannya kembali lengkap dengan lokasi geografis pada permukaan planet virtual.


geo-tagging
Share this article :

Posting Komentar

Blogger templates

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. note . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger