Blogger news

News Update :
Home » » Konsep Sistem informasi Pemasaran

Konsep Sistem informasi Pemasaran


Konsep dasar pemasaran
Pada tahun 1966  Profesor Philip Kotler dari Northwestern University mendefinisikan tiga jenis informasi pemasaran sebagai berikut:


A.   Intelijen Pemasaran (marketing intelligence)
Informasi yang mengalir ke perusahaan dari lingkungan

B.   Informasi Pemasaran Intern (internal marketing information)
Informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaan

C.   Komunikasi Pemasaran (marketing communication)
Informasi yang mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan.


Model Sistem Informasi Pemasaran terdiri dari subsistem output dan subsistem input.

«     Subsistem Output:
          Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem sebagai bagian dari marketing mix.

Ada empat bagian yaitu:
1.     Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk-produk suatu perusahaan,
2.     Subsistem tempat menyediakan informasi tentang jaringan distribusi suatu perusahaan,
3.     Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan advertising dan penjualan langsung,
4.     Subsistem harga membantu manager untuk membuat suatu keputusan mengenai harga produk perusahaan.

«     Subsistem Input
      Subsistem input terdiri dari tiga bagian yaitu:
1.     Sistem Informasi Akuntansi
2.     Subsistem Intelijen Pemasaran
3.     Subsistem Penelitian Pemasaran


MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN

A.     Subsistem Pemrosesan Data
Manager pemasaran menggunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan berbagai informasi. Informasi yang dikumpulkan terbagi menjadi 2 yaitu:
Data Primer dan data sekunder
Penelitian pemasaran digunakan untuk mengumpulkan data primer melalui beberapa teknik penelitian yaitu :

A.1   Survei,
Survei adalah salah satu teknik penelitian pemsaran yang menanyakan sejumlah orang dengan pertanyaan yang sama.

A.2   Wawancara mendalam,
Wawancara mendalam tidak berbeda jauh dengan survey namun waktu yang digunakan wawancara lebih panjang dan lebih berpusat kepada apa yang akan konsumen lakukan.

A.3   Pengamatan,
Pengamatan merupakan teknik penelitian yang sangat detail karena peneliti mencatat nomor plat mobil atau motor dari parkiran perbelanjaan dan terkadang peneliti pun memperhatikan sampah orang untuk mempelajari produk apa yang sering di konsumsi oleh konsumen.

A.4   Pengujian Terkendali
Pengujian terkendali mencari suatu subyek dalam percobaan yang dirancang untuk mengukur dampak dari suatu perlakuan tertentu.

B.     Subsistem riset pemasaran
Penelitian pemasaran digunakan untuk mengumpulkan data sekunder melalui beberapa teknik penelitian :

B.1   Mailing Lists,
Daftar alamat surat yang tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk pita magnetic, disket, dan kartu indeks.

B.2   Direct Mail
Suatu daftar yang memungkinkan perusahaan membuat sebuah kontrak dengan pasar sangat terpilih, biasanya dengan surat langsung.


C.     Subsistem  inteligensi pemasaran
Pemasaran memiliki tanggung jawab utama pada para pelanggan dan pesaing. Sistem informasi akuntansi mengumpulkan seluruh data pelanggan dan subsistem intelejensi pemasaran mengumpulkan seluruh data pesaing. 

D Subsistem Produk

Produk merupakan suatu unsur utama di dalam marketing mix dan perusahaan pun berhak memutuskan untuk menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu. Tugas dari manager pemasaran adalah mengembangkan suatu  strategi dan taktik di dalam marketing mix dan mengintegrasikannya menjadi suatu rencana pemasaran.

Siklus hidup produk (product life cycle) merupakan penjualan suatu produk yang dimulai dari perkenalan, perkembangan, dan penurunan. Tahap perkenalan tahap dimana untuk memperkenalkan suatu produk. Tahap perkembangan merupakan strategi untuk membuat bagaimana penjualan akan tetap berjalan. Tahap penurunan suatu tahap dimana penghapusan suatu produk yang sudah tidak dikonsumsi lagi oleh konsumen.

E.     Subsistem promosi
Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan tingkat penjualan dalam bidang pemasaran. Satu area promosi tempat komputer yaitu komunikasi wiraniaga.

F.      Subsistem Harga
Subsistem harga hampir serupa dengan subsistem promosi dalam hal dukungan keputusan.  Penentuan Harga Berdasarkan Biaya menetukan biaya – biaya yang akan dikeluarkan dan menambahkan mark-up yang diinginkan.

G.    Subsistem unsur terpadu
Subsistem unsur terpadu mendukung para manager saat unsur - unsur  bauran pemasaran dikombinasikan untuk membentuk suatu strategi.

key : Sistem informasi Pemasaran, strategi pemasaran, subsistem pada sistem informasi pemasaran

Share this article :

Posting Komentar

Blogger templates

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. note . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger